Type to search

Selayang Pandang Stres dari Agama Islam

Share

Pada kesempatan ini kami akan ulas berkaitan dengan Selayang Pandang Stres dari Agama Islam. Setiap manusia di dalam kehidupan sehari-harinya tentu pernah mengalami kegagalan atau ketidaksesuaian kenyataan yang dihadapi dengan harapan sebelumnya. Kondisi ini bisa mengarahkan manusia tersebut ke situasi yang tak nyaman, yang bikin dirinya sedih, cemas, ragu-ragu, atau bingung. Kondisi ini yaitu salah satu ciri adanya gangguan psikis, yang mana di bidang psikologi di antaranya dikenal sebagai kondisi stres.

Selayang Pandang Stres

Selayang Pandang Stres dari Agama Islam

Stres diartikan sebagai respon atau reaksi adiptif individu terhadap situasi dan peristiwa yang dianggap sebagai ancaman. Situasi mengancam ini jadi kondisi yang susah diatasi oleh individu yang bersangkutan. Seringkali membutuhkan waktu lama dan bahkan tidak jarang gagal mengatasinya, sehingga pada tahap berikutnya ia mengalami kesulitan dalam bekerja ataupun melakukan aktivitas keseharian lainnya. Islam mengenalkan kondisi stres di dalam kehidupan ini sebagai suatu cobaan.

Berikut ini beberapa selayang pandang stres menurut Al-qur’an :

“Dan sungguh Kami pasti akan menguji kamu (berikan cobaan kepadamu) dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta benda, jiwa dan buah-buahan. Dan kabarkanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar”. (QS. Al Baqarah [2] : 155)

“Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman”. (Q.S. Al-An’am [6] : 125)

Keengganan mendekatkan diri kepada Allah swt. menyebabkan kita merasa tidak nyaman, khawatir, cemas, dan stres. Akibatnya, berbagai ragam penyakit kejiwaan akan menghinggapi kita, yang tentunya berdampak pula pada fisik atau tubuh. Tubuh kita akan lebih cepat mengalami kerusakan, menua, dan lemah.

Sebaliknya, apabila kita menjalani hidup sesuai ajaran Al-qur’an dan benar-benar memahami agama, maka jiwa akan sehat, begitu pula tubuh akan senantiasa sehat dan juga prima dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kita akan selalu tawakkal kepada-Nya, mampu melihat kebaikan dalam segala hal, dan ridha dengan apa yang terjadi sembari berharap akan janji-Nya. Tentu saja, semua manusia akan tua nantinya. Namun, kita akan melewati proses alamiah yang tidak disertai dengan kerusakan pada jiwa.

Solusi Stres

Di dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa mereka yang mengalami stres, cemas, dan tertekan karena tidak melaksanakan ajaran agama:

“Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari Kiamat dalam keadaan buta”. (Q.S. Thaha [20] : 124)

Allah juga menyatakan:

“… hingga apabila bumi telah menjadi sempit bagi mereka, padahal bumi itu luas dan jiwa mereka pun telah sempit (pula terasa) oleh mereka, serta mereka telah mengetahui bahwa tidak ada tempat lari dari (siksa) Allah, melainkan kepada-Nya saja”. (Q.S. At-Taubah [9] : 118)

Stres merupakan akibat dari ketidakmampuan orang-orang tak beriman buat mentaati nilai-nilai akhlak yang sudah diajarkan agama. Kepribadian yang tenang dan damai cuma dimungkinkan akan diperoleh dengan cara menjalani hidup yang sesuai ajaran Al-qur’an. Sungguh, sudah dinyatakan dalam kitab suci Al-Qur’an bahwa Allah bakal memberikan ketenangan dalam diri orang beriman.

“Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman..” (Q.S. At-Taubah [9] : 26)

Janji Allah terhadap orang-orang beriman sudah dinyatakan dalam Al-qur’an sebagaimana berikut:

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan puhala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan”. (Q.S. An Nahl [16] : 97)

Selayang pandang stres dari Agama Islam agar kesehatan psikis baik. Selain untuk kesehatan psikis, kesehatan fisik dan finansial juga wajib dijaga. Peluang bisnis dari kami ini.

Daftar Segera!!

Daftar Kelas dan Webinar Gratis

Sekian info mengenai Selayang Pandang Stres dari Agama Islam, kami harap artikel kali ini membantu teman-teman semua. Kami berharap artikel selayang pandang ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *